Posted by : Unknown
Jumat, 30 November 2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 1 Candimas
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester :
IV / I
Materi Pokok : Sumber daya
alam.
Waktu : 2
x 35 ( 1 x pertemuan )
Metode : Ceramah, demostrasi, pemberian tugas, dan Tanya jawab.
A.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami sejarah, penampakan alam dan keragaman suku bangsa
dilingkungan Kabupate/Kota dan Provinsi.
B. Kompetensi Dasar :
1.3. Menunjukkan
jenis dan persebaran Sumber Daya Alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan
ekonomi dilingkungan setempat.
C. Tujuan Pembelajaran
:
·
Siswa dapat mengindentifikasi jenis-jenis sumber daya alam didaerah
sekitar dan pesebaran.
·
Siswa dapat menjelaskan manfaat sumber daya alam.
·
Siswa dapat menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumberdaya alam.
·
Siswa dapat mengamati dan memahami bahwa hubungan sumber daya alam
dengan kegiatan ekonomi penduduk.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) , Rasa hormat dan perhatian (
respect ) , Tekun ( diligence ) , tanggung jawab (responsibility) dan
ketelitian (carefulness).
D. Materi Essensial
1. Jenis-jenis
sumberdaya alam yang ada dikabupaten setempat.
2. Manfaat
sumberdaya alam antara lain :
·
Untuk pengairan
sawah, perikanan, sumber air minum PDAM.
3. Cara menjaga
kelestarian sumberdaya alam antara lain :
·
Tidak menebang
huta secara liar.
·
Reboisasi.
·
Tidak membuang
sampah sembarangan.
4. Hubungan sumberdaya alam dengan kegiatan
ekonomi penduduk.
·
Meningkatkan
Perekonomian penduduk setempat.
5. Ekonomi penduduk dilingkungan sekitar antara
lain :
·
Pertanian,
Perkebunan, Perikanan, Perdagangan dan Jasa.
E. Media
Belajar
*
Buku IPS SD Relevan Kelas IV
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
Apersepsi
dan motifasi:
·
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya.
·
Menyampaikan
indikator dan kompetensi yang diharapkan.
·
Menunjukkan letak Kabupaten Pada Peta.
|
5 menit
|
2. Kegiatan
inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Ø Memahami
sumber daya alam dilingkungannya.
Ø Mengetahui
hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi
penduduk.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Ø Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam daerah
sekitar dan persebarannya.
Ø Mengetahui
manfaat sumberdaya alam.
Ø Mempelajari
sumber daya alam.
Ø Melakukan
tugas.
Ø Mempelajari
Sember daya alam dg kegiatan ekonomi penduduk.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
Ø Guru
bertanya jawab tentang hal- hal yang belum diketahui siswa.
Ø Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan
penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Ø Mengulang
kembali tentang sumberdaya
alam yang berhubungan dengan ekonomi penduduk, kelestariannya dilingkungan
sekitar.
|
50 menit
|
5 menit
|
|
4. Pekerjaan
rumah
·
Tugas 5.1 (halaman
88)
|
|
G. Penilaian
Indikator
pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
o Mengidentifikasi
jenis-jenis sumberdaya alam didaerah sekitar.
o Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila sumber
daya alam akan berubah, misalnya akibat dari penebangan hutan secara liar,
pencemaran sungai dan kebakaran hutan.
|
Tugas individu dan kelompok.
|
Laporan
Uraian
Objektif
|
o Jelaskan jenis-jenis sumberdaya alam didaerah sekitar.
o Jelaskan kemungkinan yang akan terjadi bila sumber
daya alam akan berubah, misalnya akibat dari penebangan hutan secara liar,
pencemaran sungai dan kebakaran hutan.
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
v Produk
(hasil produksi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
·
Semua benar
·
Sebagian besar benar
·
Sebagian kecil benar
·
Semua salah
|
4
3
2
1
|
v Performasi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2
3
|
Pengetahuan
Praktek
sikap
|
·
Pengetahuan
·
Kadang- kadang
pengetahuan
·
Tidak pengetahuan
·
Aktif praktek
·
Kadang- kadang aktif
·
Tidak aktif
·
Sikap
·
Kadang- kadag sikap
·
Tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
NO
|
NAMA
SISWA
|
PERFORMAN
|
PRODUK
|
JUMLAH
SKOR
|
NILAI
|
||
PENGETA
HUAN
|
PRAKTEK
|
SIKAP
|
|||||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
|
Dio . F
Yosi . F
Abdan
Adelia
Adinda
Dahlia
Emaria
Calvin
Rafi
Desta
Ahmat.
Akbar
Aldi
Andika
Andrian
Andriani
Anisa
Astrit
Chelin
Andini
Deli
Dhandi
Difa
Faisal
Ramdhan
Zahra
Ridho
Feny
Desta
|
1
2
2
2
2
2
4
2
2
3
2
4
3
3
4
3
4
4
4
2
4
4
4
3
3
4
3
4
4
|
2
3
4
3
4
2
4
4
4
3
4
4
4
2
4
4
4
3
4
4
4
3
4
3
3
3
3
4
3
|
2
3
4
3
3
4
4
4
2 2
4
4
4
2
3
4
4
3
4
3
3
4
3
4
3
3
2
4
3
|
1
2
2
3
3
3
2
3
2
3
2
3
4
3
3
2
3
3
2
4
2
3
4
3
3
4
3
4
3
|
6
10
12
11
12
11
14
13
10
11
12
15
15
10
14
13
15
13
14
13
13
14
15
13
12
14
11
16
13
|
3.75
6,25
7,50
6,88
7,50
6,88
8,75
8,13
6,25
6,88
7,50
9,38
9,38
6,25
8,75
8,13
9,38
8,13
8,75
8,13
8,13
8,75
9,38
8,13
7,50
8,75
6,88
100
8,13
|
CATATAN:
ü Nilai=
(jumlah skor: jumlah skor maksimal) x 10
ü Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
ü Nilai
KKM 6,00
Candimas, 10 November 2012
Dosen pembimbing Guru Kelas IV
NETI EKO WATI MPd SITI
ROKHAYAH
NIP. 1964 0201 1986 032013 NIP. 1962 O714 1982
03204
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 1 Candimas
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester :
IV / I
Materi Pokok : Sumber daya
alam.
Waktu : 2
x 35 ( 1 x pertemuan )
Metode : Ceramah.
B.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami sejarah,
penampakan alam dan keragaman suku bangsa dilingkungan Kabupate/Kota dan
Provinsi.
B. Kompetensi Dasar :
1.3. Menunjukkan
jenis dan persebaran Sumber Daya Alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan
ekonomi dilingkungan setempat.
C. Tujuan Pembelajaran
:
·
Siswa dapat mengindentifikasi jenis-jenis sumber daya alam didaerah
sekitar dan pesebaran.
·
Siswa dapat menjelaskan manfaat sumber daya alam.
·
Siswa dapat menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumberdaya alam.
·
Siswa dapat mengamati dan memahami bahwa hubungan sumber daya alam
dengan kegiatan ekonomi penduduk.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) , Rasa hormat dan perhatian (
respect ) , Tekun ( diligence ) , tanggung jawab (responsibility) dan
ketelitian (carefulness).
D. Materi Essensial
1. Jenis-jenis
sumberdaya alam yang ada dikabupaten setempat.
2. Manfaat
sumberdaya alam antara lain :
·
Untuk pengairan
sawah, perikanan, sumber air minum PDAM.
3. Cara menjaga
kelestarian sumberdaya alam antara lain :
·
Tidak menebang
huta secara liar.
·
Reboisasi.
·
Tidak membuang
sampah sembarangan.
4. Hubungan sumberdaya alam dengan kegiatan
ekonomi penduduk.
·
Meningkatkan
Perekonomian penduduk setempat.
5. Ekonomi penduduk dilingkungan sekitar antara
lain :
·
Pertanian,
Perkebunan, Perikanan, Perdagangan dan Jasa.
E. Media
Belajar
*
Buku IPS SD Relevan Kelas IV
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
5. Pendahuluan
Apersepsi
dan motifasi:
·
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya.
·
Menyampaikan
indikator dan kompetensi yang diharapkan.
·
Menunjukkan letak Kabupaten Pada Peta.
|
5 menit
|
6. Kegiatan
inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Ø Memahami
sumber daya alam dilingkungannya.
Ø Mengetahui
hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi
penduduk.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Ø Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam daerah
sekitar dan persebarannya.
Ø Mengetahui
manfaat sumberdaya alam.
Ø Mempelajari
sumber daya alam.
Ø Melakukan
tugas.
Ø Mempelajari
Sember daya alam dg kegiatan ekonomi penduduk.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
Ø Guru
bertanya jawab tentang hal- hal yang belum diketahui siswa.
Ø Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
7. Kegiatan
penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Ø Mengulang
kembali tentang sumberdaya
alam yang berhubungan dengan ekonomi penduduk, kelestariannya dilingkungan
sekitar.
|
50 menit
|
5 menit
|
|
8. Pekerjaan
rumah
·
Tugas 5.1 (halaman
88)
|
|
G. Penilaian
Indikator
pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
o Mengidentifikasi
jenis-jenis sumberdaya alam didaerah sekitar.
o Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila sumber
daya alam akan berubah, misalnya akibat dari penebangan hutan secara liar,
pencemaran sungai dan kebakaran hutan.
|
Tugas individu dan kelompok.
|
Laporan
Uraian
Objektif
|
o Jelaskan jenis-jenis sumberdaya alam didaerah sekitar.
o Jelaskan kemungkinan yang akan terjadi bila sumber
daya alam akan berubah, misalnya akibat dari penebangan hutan secara liar,
pencemaran sungai dan kebakaran hutan.
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
v Produk
(hasil produksi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
·
Semua benar
·
Sebagian besar benar
·
Sebagian kecil benar
·
Semua salah
|
4
3
2
1
|
v Performasi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2
3
|
Pengetahuan
Praktek
sikap
|
·
Pengetahuan
·
Kadang- kadang
pengetahuan
·
Tidak pengetahuan
·
Aktif praktek
·
Kadang- kadang aktif
·
Tidak aktif
·
Sikap
·
Kadang- kadag sikap
·
Tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
NO
|
NAMA
SISWA
|
PERFORMAN
|
PRODUK
|
JUMLAH
SKOR
|
NILAI
|
||
PENGETA
HUAN
|
PRAKTEK
|
SIKAP
|
|||||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
|
Dio . F
Yosi . F
Abdan
Adelia
Adinda
Dahlia
Emaria
Calvin
Rafi
Desta
Ahmat.
Akbar
Aldi
Andika
Andrian
Andriani
Anisa
Astrit
Chelin
Andini
Deli
Dhandi
Difa
Faisal
Ramdhan
Zahra
Ridho
Feny
Desta
|
1
1
2
1
2
1
3
2
1
2
2
2
3
2
3
2
4
3
3
2
4
4
4
3
3
4
1
4
4
|
1
1
1
1
2
1
2
2
1
2
2
4
4
2
2
3
4
3
3
4
4
3
4
3
2
3
2
4
3
|
1
1
2
1
2
1
2
2 1
2
3
4
2
1
2
3
3
2
3
3
3
2
4
3
1
2
2
3
|
1
1
2
1
2
1
2
3
1
1
2
3
4
1
2
1
3
2
2
2
2
3
4
3
3
4
2
4
3
|
4
4
7
4
8
4
9
9
4
7
9
13
15
6
9
9
15
10
11
11
12
12
15
12
9
14
7
16
13
|
2.50
2,50
4,38
2,50
5,00
2,50
5,63
5,63
2,50
4,38
5,63
8,13
9,38
3,75
5,63
5,63
9,38
6,25
6,88
6,88
7,50
7,50
9,38
7,50
5,63
8,75
4,38
100
8,13
|
CATATAN:
ü Nilai=
(jumlah skor: jumlah skor maksimal) x 10
ü Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
ü Nilai
KKM 6,00
Candimas,
27 Oktober 2012
Dosen pembimbing
Guru Kelas IV
NETI EKO WATI MPd SITI
ROKHAYAH
NIP. 1964 0201 1986 032013 NIP. 1962 O714 1982
032
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 1 Candimas
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan ALAM ( IP )
Kelas / Semester :
IV / I
Materi Pokok : Makhluk Hidup dan lingkungannya
Waktu : 4 x 45 ( 3x pertemuan )
Metode : Ceramah, demostrasi, pengamatan, dan
diskusi
C.
Standar
Kompetensi :
5.
Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan
lingkungan
B. Kompetensi Dasar :
5.2
Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan
C
. Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat menjelaskan
hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan
·
Siswa dapat mengamati
anggota ekosistem kebun , kolam hias ,sawah dan hutan
·
Siswa dapat mengamati
dan memahami bahwa pencemaran , penebangan dan kebakaran hutan merusak
kelestarian lingkungan.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) , Rasa hormat dan perhatian (
respect ) , Tekun ( diligence ) , tanggung jawab (responsibility) dan
ketelitian (carefulness).
D. Materi Essensial
Makhluk
Hidup dan lingkungannya
·
Hubungan makhluk hidup
dalam ekosistem
·
Ekosistem hutan
(hlm.86)
·
Ekosistem sawah
(hlm.87)
·
Ekosistem kolam hias
(hlm.88)
·
Ekosistem kebun
(hlm.89)
§ Pengaruh
perubahaan lingkungan
o Pencemaran
o Penebangan
dan kabakaran hutan
E. Media
Belajar
*
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
9. Pendahuluan
Apersepsi
dan motifasi:
·
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya.
·
Menyampaikan
indikator dan kompetensi yang diharapkan.
·
Memahami kembali peta
konsep tentang hubungan makhluk hidup.
|
5 menit
|
10. Kegiatan
inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Ø Memahami
hubungan makhluk hidup dan lingungannya.
Ø Mengetahui
ekosistem sebagai tempat berlangsungnya hubungan saling ketergantungan antara
makhluk hidup dan lingkungannya.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Ø Membedakan
ekosistem buatan dengan ekosistem alam
Ekosistem
alam : hutan, sungai, laut, danau, padang pasir, kutub.
Ekosistem
buatan : sawah, ladang, kebun, kolam, akuarium.
Ø Mengetahui
bahwa makhluk hidup yang berhubungan dengan makhluk hidup lain membentuk
komunitas.
Ø Mempelajari
ekosistem hutan.
Ø Melakukan
tugas 5.1 (halaman 87)
Ø Mempelajari
ekosistem sawah.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
Ø Guru
bertanya jawab tentang hal- hal yang belum diketahui siswa.
Ø Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
11. Kegiatan
penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Ø Mengulang
kembali tentang ekosistem hutan dengan menyebutkan anggota- anggota
ekosistennya seperti tumbuhan, hewan dan benda
|
50 menit
|
5 menit
|
|
12. Pekerjaan
rumah
·
Tugas 5.1 (halaman
88)
|
|
G. Penilaian
Indikator
pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
o Mengidentifikasi
cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.
o Mendokumentasikan
cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.
|
Tugas individu dan kelompok.
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah
cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.
o Demonstrasikan
cara merawa dan memelihara hewan peliharaan.
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
v Produk
(hasil produksi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
·
Semua benar
·
Sebagian besar benar
·
Sebagian kecil benar
·
Semua salah
|
4
3
2
1
|
v Performasi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2
3
|
Pengetahuan
Praktek
sikap
|
·
Pengetahuan
·
Kadang- kadang
pengetahuan
·
Tidak pengetahuan
·
Aktif praktek
·
Kadang- kadang aktif
·
Tidak aktif
·
Sikap
·
Kadang- kadag sikap
·
Tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
NO
|
NAMA
SISWA
|
PERFORMAN
|
PRODUK
|
JUMLAH
SKOR
|
NILAI
|
||
PENGETAHUAN
|
PRAKTEK
|
SIKAP
|
|||||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Dio . F
Yosi . F
Abdan
Adelia
Adelia
Dhila
Emaria
Calvin
Rafi
Desta
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
2
4
4
2
4
2
4
4
4
2
|
4
4
4
2
2
4
2
4
2
4
|
|
|
|
CATATAN:
ü Nilai=
(jumlah skor: jumlah skor maksimal) x 10
ü Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
ü Nilai
KKM 6,00