Posted by : Blogger Lampung Sabtu, 01 Desember 2012


RPP Tematik Kelas 2 SD: Tempat Umum - Pertemuan 1, 2 , 3 dan 4

tempat umum
TEMA                            : TEMPAT UMUM
KELAS/SEMESTER      : 2 / 1
WAKTU                        : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I.   KOMPETENSI DASAR

  •  Mengidentifikasi berbagai bunyi (PKn).
  • Menceritakan sikap yang baik di tempat umum (IPS).
  • Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
  • Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mjudah dipahami orang lain.
  • Membaca: Menyimpulkan isi tek pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
  • Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Mat).
  • Mengidentifikasi berbagai bunyi (IPA).
  • Mengekspresikan diri melalui nyanyian dan tarian (Se-Bud & Ketr).


II.   INDIKATOR
1. Menjelaskan sikap dalam menggunakan fasilitas umum (PKn).
2. Menceritakan sopan santun di tempat umum.
3. Menjaga ketertiban umum.

  • Menceritakan pengalamannya di tempat umum (IPS).
  • Mendeskripsikan kegunaan berbagai macam tempat umum.


4. Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
5. Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
6. Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat.
7. Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
8. Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
9. Memilih bacaan yang disenangi.
10. Menikmati kegiatan membaca.
11. Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
12. Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah 
     dibaca.
13. Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
14. Penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan (MAT).
15. Pengurangan tiga bilangan.
16. Mengetahui ukuran berbagai benda.
17. Membandingkan bunyi panjang dan bunyi pendek (IPA).
18. Memberi makna pada hasil pengamatan.
19. Menggunakan informasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan.
20. Bekerjasama dengan teman.
21. Memberi tanggapan secara santun.
22. Menyanyikan lagu dengan pengucapan yang benar.Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan 
      gerakan/tepukan (Se-Bud & Ketr).
23. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
24. Mengetahui berbagai jenis gerakan tarian.

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan

  • Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
  • Mengajak siswa menyanyikan lagu “Tukang Pos” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
  • Bertanya jawab tentang tugas pekerjaan Pak Pos dan dikaitkan dengan tempat umum.
  • Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Tempat Umum).


2.   Kegiatan Inti 
1) Semua siswa diminta mengamati gambar di hal 40 topik “Kolam Renang”. Kemudian menugaskan 
        salah satu siswa membaca bergantian dengan suara nyaring dan intonasi yang benar. Guru dapat 
        memberikan penjelasan makna yang ada di dalam teks.
2) Bertanya jawab tentang isi bacaan dan dilanjutkan dengan pertanyaan yang ada hubungannya dengan 
        kehidupan sehari-hari siswa dan di lingkungan sekitar siswa. Misal :

  • Adakah kolam renang disekitar rumah, 
  • kalau memang ada berapa jumlahnya, 
  • seberapa besarnya
  • bisa saling bercerita dengan teman sebangkunya. 
  • Jika bukan kolam renang buatan, 
  • bisa juga kolam renang alam (seperti Kali, Sumber Air dsb) (BI, Mat, PA, PKn, IPA, IPS, Orjas)

3) Semua siswa ditugaskan untuk mengarang cerita tentang kolam renang atau sumber air yang ada 
        disekitarnya.
4) Semua siswa ditugaskan melanjutkan bacaan di Teks buku hal 48 dan 49. Dilanjutkan bertanya jawab 
        tentang kemampuan siswa dalam berenang. (apakah anak dapat melakukan gerak meluncur, sambil 
        menahan badan) bisa sambil berdiskusi .
5) Memanggil beberapa siswa ke depan kelas untuk memperagakan bagaimana cara gerak meluncur jika 
       akan berenang, bagaimana jika meluncur sambil menahan badan dan bertanya jawab tentang perbedaan 
        jika bergerak di dalam air dengan bergerak di darat (BI, Mat, PA, PKn, IPA, IPS, Orjas).
6) Bagian “Cakrawala” Guru Memberikan penjelasan tentang  ketertiban di kolam renang. Guru bercerita 
       bagaimana menjaga keselamatan di kolam renang, menjaga keber sihan, keamanan, berapa kali di kuras 
        air kolamnya dsb.
7) Meminta semua siswa membuat karangan bagaimana sikap anak jika berada di tempat umum seperti di 
       kolam renang tersebut (bisa dikerjakan secara kelompok, bisa juga individu) (BI, Mat, PA, PKn, IPA, 
        IPS, Orjas).
8) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 70) dan diharapkan semua 
        siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup

  • Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
  • Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
  • Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • Gambar-gambar tentang tempat umum (Kolam renang, Perpustakaan.
  • Lingkungan sekitar, masyarakat, dan sekolah.
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan Agama).
  • Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V.   PENILAIAN

  • Penilaian Lisan (dalam proses).
  • Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
  • Penilaian Produk.
  • Penilaian Portofolio.
  • Penilaian Tertulis Obyektif.
  • Penilaian Tertulis Subyektif.
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).
  • Penilaian Buku Kerja Tematik 




 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Life is Unique -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -