Posted by : Unknown
Jumat, 30 November 2012
RPP IPS
Kelas 4 SD Semester 1 (3)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : Sekolah Dasar Negeri 1, Candimas.
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (Satu).
Tahun Pelajaran : 2012 / 2013.
Waktu : 2 x 40 Menit.
Metode : Ceramah dan Praktek.
Nama Sekolah : Sekolah Dasar Negeri 1, Candimas.
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (Satu).
Tahun Pelajaran : 2012 / 2013.
Waktu : 2 x 40 Menit.
Metode : Ceramah dan Praktek.
A. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
B. Kompetensi Dasar
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi dilingkungan setempat.
C. Indikator
1.3.1 Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi
1.3.2 Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam
1.3.3 Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada
dilingkungan setempat.
1.3.4 Menjelaskan perlunya kelestarian sumber daya alam sekitarnya
1.3.5 Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dilingkungannya.
1.3.6 Menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi.
D. Materi pokok
- Sumber daya alam
E. Langkah-langkah pembelajaran
A. Pertemuan ke – 12 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang sumber daya alam
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian sumber daya alam
- Menyebutkan jenis-jenis sumber daya alam beserta contohnya
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan tugas siswa
- Penetapan isi materi
B. Pertemuan ke – 13,14 (4 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2. Kegiatan Inti
- Menyebutkan beberapa manfaat dari udara
- Menyebutkan manfaat hutan
- Siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan
3. Kegiatan Akhir
- Penetapan isi materi
- Motivasi dari guru
C. Pertemuan ke – 15 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Siswa mengamati peta persebarab sumber daya alam
2. Kegiatan Inti
- Menggambar peta persebaran hasil tambang di Indonesia
- Menunjukkan persebaran sumber daya alam menggunakan peta
3. Kegiatan Akhir
- Penetapan isi materi
- Motivasi dari guru
D. Pertemuan ke – 16 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang akan dibahas
2. Kegiatan Inti
- Menyebutkan sumber kekayaan yang dimanfaatkan oleh manusia dalam bentuk kegiatan
- Penyelesaian tugas secara kelompok
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja kelompok
- Penetapan isi materi
- Pemberian tugas rumah
E. Pertemuan ke – 17 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Mengamati gambar sumber daya alam
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber daya alam (hutan)
- Menjelaskan cara menghemat sumber daya alam
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil tugas siswa
- Penetapan isi materi
F. Pertemuan ke – 18 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang akan dibahas
2. Kegiatan Inti
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dilingkungan setempat
- Menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi
G. Pertemuan ke – 19 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Petunjuk cara mengerjakan soal
2. Kegiatan Inti
- Mengerjakan soal-soal pada lembar uji kompetensi (menjawab pertanyaan secara individu)
3. Kegiatan Akhir
- Penarikan hasil uji kompetensi
- Pesan dari guru
VII. Penilaian
A. Pada pertemuan ke-12 melalui pengamatan
- Menjelaskan pengertian SDA
B, C Pada pertemuan ke- 13, 14 melalui pengamatan
- Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
D. Pada pertemuan ke- 15 melalui pengamatan
- Menunjukkan persebaran sumber daya alam menggunakan peta
E. Pada pertemuan ke- 16 melalui penugasan
- Menyebutkan sumber kekayaan yang dimanfaatkan oleh manusia dalam bentuk kegiatan
F. Pada pertemuan ke- 17 melalui pengamatan
- Menjelaskan cara menjaga kelestarian SDA
G. Pada pertemuan ke- 18 melalui portofolio
- Tagihan lembar kerja siswa
H. Pada pertemuan ke- 19 melalui tertulis/uji kompetensi
- Mengerjakan soal-soal
E. Sumber / Alat
- Buku IPS kelas IV yang relevan
- Buku penunjang.
1.3.4 Menjelaskan perlunya kelestarian sumber daya alam sekitarnya
1.3.5 Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dilingkungannya.
1.3.6 Menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi.
D. Materi pokok
- Sumber daya alam
E. Langkah-langkah pembelajaran
A. Pertemuan ke – 12 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang sumber daya alam
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian sumber daya alam
- Menyebutkan jenis-jenis sumber daya alam beserta contohnya
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan tugas siswa
- Penetapan isi materi
B. Pertemuan ke – 13,14 (4 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2. Kegiatan Inti
- Menyebutkan beberapa manfaat dari udara
- Menyebutkan manfaat hutan
- Siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan
3. Kegiatan Akhir
- Penetapan isi materi
- Motivasi dari guru
C. Pertemuan ke – 15 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Siswa mengamati peta persebarab sumber daya alam
2. Kegiatan Inti
- Menggambar peta persebaran hasil tambang di Indonesia
- Menunjukkan persebaran sumber daya alam menggunakan peta
3. Kegiatan Akhir
- Penetapan isi materi
- Motivasi dari guru
D. Pertemuan ke – 16 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang akan dibahas
2. Kegiatan Inti
- Menyebutkan sumber kekayaan yang dimanfaatkan oleh manusia dalam bentuk kegiatan
- Penyelesaian tugas secara kelompok
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja kelompok
- Penetapan isi materi
- Pemberian tugas rumah
E. Pertemuan ke – 17 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Mengamati gambar sumber daya alam
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber daya alam (hutan)
- Menjelaskan cara menghemat sumber daya alam
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil tugas siswa
- Penetapan isi materi
F. Pertemuan ke – 18 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang akan dibahas
2. Kegiatan Inti
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dilingkungan setempat
- Menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi
G. Pertemuan ke – 19 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Petunjuk cara mengerjakan soal
2. Kegiatan Inti
- Mengerjakan soal-soal pada lembar uji kompetensi (menjawab pertanyaan secara individu)
3. Kegiatan Akhir
- Penarikan hasil uji kompetensi
- Pesan dari guru
VII. Penilaian
A. Pada pertemuan ke-12 melalui pengamatan
- Menjelaskan pengertian SDA
B, C Pada pertemuan ke- 13, 14 melalui pengamatan
- Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
D. Pada pertemuan ke- 15 melalui pengamatan
- Menunjukkan persebaran sumber daya alam menggunakan peta
E. Pada pertemuan ke- 16 melalui penugasan
- Menyebutkan sumber kekayaan yang dimanfaatkan oleh manusia dalam bentuk kegiatan
F. Pada pertemuan ke- 17 melalui pengamatan
- Menjelaskan cara menjaga kelestarian SDA
G. Pada pertemuan ke- 18 melalui portofolio
- Tagihan lembar kerja siswa
H. Pada pertemuan ke- 19 melalui tertulis/uji kompetensi
- Mengerjakan soal-soal
E. Sumber / Alat
- Buku IPS kelas IV yang relevan
- Buku penunjang.
RPP IPS KELAS 4SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : . . . .
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/2
Alokasi Waktu: 2x35 menit (1x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi :
2. Mengenal sumber daya alam,
kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan
propinsi.
B.
Kompetensi Dasar :
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi,
komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.
C.
Indikator :
a.
Kognitif
Mengidentifikasi
alat komunikasi dan transportasi pada masa lalu dan masa kini.
b.
Afektif
Menemukan
contoh alat komunikasi dan transportasi pada masa lalu dan masa kini.
c.
Psikomotorik
Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan alat
komunikasi dan transportasi masa lalu dan masa kini.
D. Tujuan
Pembelajaran:
a.
Kognitif
Melalui
ceramah bervariasi, siswa dapat mengidentifikasi alat komunikasi dan
transportasi pada masa lalu dan masa kini dengan benar.
b.
Afektif
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menemukan contoh alat komunikasi dan transportasi pada
masa lalu dan masa kini dengan tepat.
c.
Psikomotorik
Melalui diskusi kelompok dan penugasan, siswa dapat
mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan komunikasi dan transportasi masa lalu
dan masa kini dengan benar.
E. Dampak
Pengiring:
Setelah pembelajaran selesai siswa dapat memanfaatkan
alat komunikasi dan transportasi sesuai kebutuhan sehari-hari.
F. Materi
Pelajaran
Terlampir
G. Metode
dan Model Pembelajaran
1.
Metode:
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
2.
Model :
Teams Games Tournament (TGT)
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran:
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Pendahuluan
1.
Salam pembuka
2.
Guru mengkondisikan kelas untuk persiapan
pembelajaran dan presensi.
3.
Apersepsi: siswa
bersama guru menyanyikan lagu naik “Naik Kereta” dan menanyakan kepada siswa
“Anak-anak, alat transportasi apa yang terdapat pada lagu tersebut?”
4.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
10 menit
|
Klasikal
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi
1.
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai perkembangan
alat komunikasi dan transportasi.
2.
Siswa memperhatikan gambar contoh alat-alat
komunikasi dan transportasi yang ditunjukkan oleh guru.
b.
Elaborasi
1. Guru
mengadakan permainan secara kelompok dengan membagi siswa menjadi 5 kelompok,
setiap kelompok terdiri dari 8 orang siswa, tiap kelompok diberi nama sesuai
materi.
2. Guru
menjelaskan langkah kerja permainan.
3. Siswa
berdiskusi untuk mendiskusikan keunggulan dan kelemahan komunikasi dan
transportasi masa lalu dan masa kini.
4. Kelompok
yang mengerjakan tugas diskusi paling cepat mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas.
5. Guru
memberi penghargaan pada kelompok tercepat dan terbaik.
c.
Konfirmasi
1.
Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya jika ada yang
kurang dipahami
2.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan
3.
Guru memberi evaluasi individu kepada siswa.
|
45 menit
|
Ceramah
Tanya
jawab
Diskusi
Klasikal
Penugasan
|
3.
|
Penutup
|
15 menit
|
Klasikal
|
H. Media dan
Sumber Belajar
- Media Pelajaran
Gambar-gambar alat transportasi dan komunikasi.
- Sumber Belajar
BSE IPS
Kelas IV SD Tantya Hisnu,Bab 9 Halaman 175.
I. Penilaian
a.
Prosedur :
Penilaian proses dan hasil
b.
Bentuk
: Tes dan Non Tes
c.
Jenis
: Tertulis
d.
Bentuk
:Pilihan Ganda dan Uraian
e.
Instrumen:
Terlampir
Surakarta, Mei 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Kelas
NIP.
NIP.
LAMPIRAN
MATERI
Perkembangan
Teknologi Transportasi Dan Komunikasi
A.
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Komunikasi adalah penerimaan pesan, baik langsung atau tidak langsung.
Komunikasi langsung berupa menanyakan langsung tanpa alat. Alat komunikasi
mengalami perkembangan. Contohnya Anton menghubungi Ani melalui telepon. Alat
komunikasi memudahkan manusia dalam berhubungan. Alat komunikasi mempercepat
penyampaian pesan. Alat komunikasi dapat berupa elektronik dan media cetak.
Teknologi komunikasi dapat mengatasi jarak dan waktu. Jarak yang jauh terasa
dekat. Waktu yang dibutuhkan cepat.
Contoh alat komunikasi antara lain:
Surat, telepon, telegram, radio, dan sebagainya.
B. Teknologi Transportasi
Perkembangan
sarana transportasi mengalami kemajuan. Dahulu daya angkut terbatas. Selain
itu, kecepatannya juga sangat terbatas. Akan tetapi, sekarang mengalami
peningkatan dan perubahan. Negara kita negara kepulauan. Pulau-pulaunya
disatukan dengan laut. Hal ini membutuhkan suatu transportasi. Baik
transportasi darat, laut, dan udara.
Berdasarkan
jenisnya ada transportasi darat, laut, dan udara:
- Transportasi Darat
Angkutan darat yang menggunakan mesin bersifat modern. Harganya lebih
mahal. Daya angkut lebih cepat. Contohnya, sepeda motor, mobil, bus, kereta
api, dan sebagainya.
- Transportasi Laut
Transportasi
laut ada yang bermesin dan tidak bermesin. Contoh tidak bermesin, seperti
perahu dayung, kapal layar, dan sebagainya. Adapun yang bermesin adalah kapal
laut. Kapal laut ada yang berukuran besar dan kecil. Kapal yang besar dapat
mengangkut bus, truk, dan sebagainya.
- Transportasi Udara
Pelabuhan udara (bandara) terdapat di kota-kota besar. Transportasi udara
di Indonesia telah berkembang. Perkembangannya itu ke arah kemajuan.
LEMBAR KERJA KELOMPOK
No
|
Nama Alat Komunikasi
|
Nama Alat Transportasi
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
1
|
a.
Teknologi Tradisional
1)
2)
3)
4)
5)
b.
Teknologi Modern
1)
2)
3)
4)
5)
|
a.
Teknologi Tradisional
1)
2)
3)
4)
5)
b.
Teknologi Modern
1)
2)
3)
4)
5)
|
LEMBAR KERJA SISWA
A. Pilihlah jawaban yang paling benar.
1. Pesawat terbang termasuk alat transportasi udara yang menggunakan ….
a. teknologi sederhana c. teknologi modern
b. perakitan khusus d.
bahan ringan
2. Kereta api dikemudikan oleh ….
a. masinis
c.
pilot
b. nakoda
d. Supir
3. Mengirim surat dengan perangko dapat menggunakan jasa ….
a. Pos
Indonesia
c. Telkom
b. Pos dan Giro
d. Dinas Perhubungan
4. Telepon sebagai alat komunikasi ditemukan oleh ….
a.
Marconi
c. John Logie Baird
b. Alexander Graham Bell
d. Samuel Morse
5. Di bawah ini yang termasuk media cetak adalah ….
a. koran dan telepon
c. buku dan buletin
b. Televisi dan majalah d. surat kabar dan
radio
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat.
1. Industri pesawat terbang nusantara terdapat di kota ....
2. Pesawat radio pertama kali ditemukan oleh ....
3. Surat kabar merupakan sarana komunikasi media ....
4. PT Telkom memberikan pelayanan di bidang ....
5. Benda pos yang ditempel pada sampul surat disebut ....
Nilai= jumlah soal benar x 10
Kunci Jawaban:
A.
- C
- A
- A
- B
- C
B.
- Bandung
- C. Marconi
- Cetak
- Komunikasi
- Prangko
LEMBAR PENGAMATAN KERJA KELOMPOK
Kelompok
:
Ketua
Kelompok :
Anggota
: 1.
2.
3.
No
|
Aspek yang
Diamati
|
Skor
Pengamatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Partisipasi
|
||||
2
|
Kerjasama
|
||||
3
|
Antusias
|
||||
4
|
Ide/Gagasan
|
||||
5
|
Keberanian (berkomunikasi dan bertindak)
|
||||
6
|
Produktivitas
|
Keterangan:
4
= Bagus sekali
3
= Bagus
2
= Cukup bagus
1
= Kurang bagus
Jumlah skor maksimum = 24
Nilai =
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke- 7 sampai 9 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi :
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar :
Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta
pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di Iingkungan
setempat
III. lndikator :
● Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam yang berhu-
bungan dengan kegiatan ekonomi
● Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran
sumber daya alam
● Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di
Iingkungan setempat
● Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan
tempat tinggalnya
● Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
●Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan pemanfaatannya di lingkungan tempat tinggalnya
IV. Materi Pokok
Sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi
V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 7 - 9)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Tanya jawab yang berhubungan dengan indukator nomor 1 dan 2 pelajaran di atas
2. Kegiatan inti
- Mendiskusikan jenis-jenis sumber daya alam
- Menggunakan peta untuk menunjukkan tempat-tempat penghasil sumber daya
alam dan persebarannya
3. Kegiatan akhir
Menunjukkan dalam peta jenis-jenis sumber daya alam dan persebarannya
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Tanya jawab pelajaran minggu lalu tentang jenis-jenis sumber daya alam
2. Kegiatan inti
Menunjukkan pada peta tempat persebaran sumber daya alam
3. Kegiatan akhir
Mencatat tempat-tempat persebaran sumber daya alam
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Tanya jawab yang berhubungan dengan indikator nomor 5 dan 6 pelajaran di atas
2. Kegiatan inti .
Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
Membuat
3. Kegiatan akhir
Mengerjakan ulangan harian
VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Peta daerah kabupaten/kota dan provinsi tempat tinggalnya
Gambar berbagai jenis sumber daya alam
2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 29 - 56
Buku pendamping yang relevan
VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tes
Dilakukan dengan tes tulis bentuk uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Ada berapa macam sumber daya alam itu?
2. Sumber daya alam apa saja yang tidak dapat diperbaharui?
3. Di daerah manakah banyak terdapat kelapa sawit?
4. Provinsi manakah yang menghasilkan gas alam cair terbesar di Indonesia?
5. Kegiatan ekonomi apa saja yang terbesar di daerahmu?
Nontes
Dilakukan dalam bentuk
1. Penugasan : Menunjukkan pada peta tempat-tempat yang terdapat sumber
daya alam di daerah tempat tinggalnya
2. Portofolio : Membuat diagram pembagian sumber daya alam beserta contoh
dan manfaatnya. Kemudian dipresentasikan di depan kelas
Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV
Dipublikasikan Jumat, 22 Januari 2010
Sumber: http://www.sekolahdasar.net/2010/01/rpp-ips-kelas-iv-semester-1-sunber-daya.html#ixzz2Baas3lR9