Posted by : Unknown Sabtu, 01 Desember 2012



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                 :
Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                : V/2
Alokasi Waktu                : 2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi      
Memahami  hubungan  antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesekan, dan gaya magnet)

C.    Indikator  Pencapaian Kompetensi
Kognitif Produk
1.       Menjelaskan pengertian magnet
2.       Menjelaskan bahwa daya tarik magnet yang paling kuat terletak pada kutub-kutub magnet
3.       Menjelaskan sifat-sifat magnet

Kognitif Proses
1.      Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis
2.      Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
3.      Membuat magnet


Psikomotor
1.      Melakukan percobaan untuk menyelidiki daya tarik magnet yang paling kuat
2.      Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan

Afektif
1.      Melakukan komunikasi, presentasi, bertanya, dan berpendapat
2.      Melakukan kerjasama

D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif Produk
1.      Dengan tanpa melihat buku siswa dapat menjelaskan pengertian magnet
2.      Siswa dapat menjelaskan bahwa daya tarik magnet yang paling kuat terletak pada kutub-kutub magnet
3.      Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat magnet

Kognitif Proses
1.      Setelah membaca dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis
2.      Dengan diberikan berbagai bacaan tentang magnet siswa dapat mengerti tentang manfaat dan kegunaan magnet
3.      Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
4.      Dengan melihat contoh di buku siswa dapat membuat magnet sendiri

Psikomotor
1.      Dengan diberikannya berbagai alat dan bahan, siswa dapat melakukan percobaan untuk menyelidiki daya tarik magnet yang paling kuat
2.      Dengan diberikannya berbagai alat dan bahan, siswa dapat menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan

Afektif

1.      Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi, presentasi, bertanya, dan berpendapat
2.      Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama

E.     Materi Pembelajaran
Magnet  (Lihat buku sains kelas V, Penerbit Erlangga hal. 100 – 113)
Magnet dapat menarik benda-benda tertentu

F.     Metode Pembelajaran
1.      Model : Pembelajaran kooperatif
2.      Metode : diskusi, pemberian tugas, presentasi

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
(Waktu)
Fase
Kegiatan Guru
Terlaksana/
Tidak
Pendahuluan (10 menit)
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
-      Memotivasi siswa : mendemonstrasikan bahwa magnet dapat menarik benda-benda tertentu
-      Guru bertanya kepada siswa : Apakah kalian sudah pernah melihat magnet?
-      Menyampaikan tujuan pembelajaran

Inti (50 menit)
Menyajikan informasi
-      Guru menjelaskan tentang pengertian magnet


Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
-      Membentuk 5 kelompok belajar : anggota kelompok beragam (dari segi kemampuan, jenis kelamin, dan ras) dan membagikan LKS 2 dan LKS 3.


Membimbing kelompok
Membimbing Kelompok : mengawasi saat kelompok mengerjakan LKS
Membimbing presentasi : membimbing kelompok terpilih untuk mempresentasikan kerja kelompoknya
Sambil membimbing kerja kelompok dan presentasi siswa, guru menilai sikap siswa dengan panduan rubrik penilaian.
Membimbing kelompok menjawab masalah sesuai dengan simpulan yang telah diperoleh.
Membimbing siswa membuat peta konsep tentang pengungkit, seperti LKS 4.


Evaluasi
Meminta siswa mengerjakan lembar penilaian 1 dan LP Kinerja 1.
Menentukan kelompok yang memiliki kinerja terbaik

Penutup
(10 menit)
Penghargaan
Memberikan penghargaan (misalnya dalam bentuk pujian) terhadap kelompok yang kinerjanya baik



Merangkum : membantu siswa merangkum hasil belajar yang diperoleh melalui  kegiatan (lihat tujuan)



H.    Penilaian Hasil Belajar
1.      Penilaian produk : Lembar Penilaian 1.
2.      Penilaian Kinerja : membuat hipotesis, melakukan penyelidikan, membuat simpulan, dan peta konsep.
3.      Penilaian sosial : melakukan komunikasi dan kerjasama

I.       Sumber Pembelajaran
1.      Buku siswa kelas V Bab 5 Energi dan Perubahannya
2.      LKS 1.  Membuktikan bahwa  magnet dapat menarik benda-benda tertentu yang mengandung besi/baja
3.      Lembar penilaian 1 : Produk dan proses
4.      Lembar penilaian kinerja 1 : Menyebutkan nama-nama benda yang dapat ditarik oleh magnet
5.      Lembar penilaian kinerja 2 : menemukan konsep-konsep penting
6.      Lembar penilaian kinerja 3 : Melakukan penyelidikan
7.      Lembar pengamatan keterampilan sosial beserta rubrik penilaian keterampilan sosial
8.      Kebutuhan untuk masing-masing kelompok sesuai dengan LKS 3.


                        Mengetahui,                                           Metro,    Juni 2011
            Kepala SDN 9 Metro Pusat                                   Guru Kelas V



                   Drs. MARSONO                                  ETIKA RESMIYATI
           NIP. 195703071979101004

LEMBAR KEGIATAN SISWA 2

ALAT DAN BAHAN

1.      Magnet batang, 1 buah dan diberi nama tanda a dan b pada kutub-kutubnya
2.      Tabung reaksi 1 buah
3.      Kubus kayu, 1 bah
4.      sumbat karet, 1 buah
5.      Anak timbangan plastik, 1 buah
6.      Kubus alumunium, 1 buah
7.      Penjepit kertas atau paper clip, 1 buah (sediakan sendiri)
8.      paku besar, 1 buah (sediakan sendiri)
9.      Paku kecil (sediakan sendiri)
10.  mistar plastik, 1 buah (sediakan sendiri)
11.  Benang halus, secukupnya



KEGIATAN BELAJAR / PERCOBAAN

Persiapan
Guru mempersiapkan alat-alat yang diperlukan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Guru mendemonstrasikan percobaan menurut langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah 1
Guru meletakkan kubus plastik, kubus kayu, sumbat karet, tabung reaksi, kubus alumunium dan penjepit kerta (paper clip) di atas meja.  Kemudian salah satu kutub magnet didekatkan ke benda secara bergantian.
Siswa disuruh mengamati setiap benda yang didekatkan magnet. Kemudian menyuruh siswa menuliskan hasil pengamatannya dengan memberi tanda silang (X) ada tabel lembar pengamatan nomor satu 1.

Langkah 2
Siswa ditugaskan untuk menggolong-golongkan hasil pengamatan pada nomor urut 1, kemjdian  menyimpulkannya. Hasil pengamatan, kesimpulan ditulis pada lembar pengamatan nomor urut 2.


Langkah 3
Guru meletakkan paku di atas  meja, kemudian mendekatkan kutub A  magnet, kutub B magnet dan bagian tengah  magnet ke ujung paku secara bergantian.
Siswa diperintahkan untuk mengamati paku ketika ujung paku didekatkan kutub magnet A, kutub magnet B dan bagian tengah magnet. Hasil pengamatannya ditulis pada tabel lembar pengamatn nomor urut 3.


Langkah 4
Siswa ditugaskan menelaah dan menyimpulkan hasil pengamatan pada nomor urut 3. Hasil telaah dan kesimpulan ditulis pada lembaran pengamatan nomor urut 4.

Langkah 5
Guru meletakkan klip/paku kecil yang sudah diikat dengan benang dan dibebani dengan pasak besar di atas. Kemudian dari kejauhan tertentu magnet didekatkan secara perlahan-lahan sehingga paku tertarik (berubah kedudukannya) seperti gambar 6.




Siswa diminta mengamati paku  kecil dan klip. Hasil pengamatannya dituliskan pada lembar pengamatan nomor urut 5.


Langkah 6
Siswa diminta menelaah dan menyimpulkan hasil pengamatan pada nomor 5. hasil telaahan dan kesimpulan ditulis pada Lembar Pengamatan nomor urut 6.

Langkah 7
Guru mengumpulkan lembar pengamatan yang selesai dikerjakan oleh masing-masing kelompok, kemudian dibahas secara klasikal.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Life is Unique -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -