Posted by : Unknown
Sabtu, 01 Desember 2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: V/2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
Memahami hubungan
antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
B.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara
gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesekan, dan
gaya magnet)
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif
Produk
1.
Menjelaskan
pengertian magnet
2.
Menjelaskan
bahwa daya tarik magnet yang paling kuat terletak pada kutub-kutub magnet
3.
Menjelaskan
sifat-sifat magnet
Kognitif Proses
1. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan
yang tidak magnetis
2.
Memberi contoh
penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
3.
Membuat magnet
Psikomotor
1.
Melakukan percobaan
untuk menyelidiki daya tarik magnet yang paling kuat
2.
Menunjukkan kekuatan
gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan
Afektif
1.
Melakukan komunikasi, presentasi, bertanya, dan
berpendapat
2.
Melakukan kerjasama
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Produk
1.
Dengan
tanpa melihat buku siswa dapat menjelaskan pengertian magnet
2.
Siswa
dapat menjelaskan bahwa daya tarik magnet yang paling kuat terletak pada
kutub-kutub magnet
3.
Siswa
dapat menjelaskan sifat-sifat magnet
Kognitif Proses
1. Setelah membaca dan mendengarkan penjelasan guru siswa
dapat mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis
2.
Dengan diberikan
berbagai bacaan tentang magnet siswa dapat mengerti tentang manfaat dan
kegunaan magnet
3.
Memberi contoh penggunaan
gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
4.
Dengan melihat contoh di
buku siswa dapat membuat magnet sendiri
Psikomotor
1.
Dengan diberikannya
berbagai alat dan bahan, siswa dapat melakukan percobaan untuk menyelidiki daya
tarik magnet yang paling kuat
2.
Dengan diberikannya
berbagai alat dan bahan, siswa dapat menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam
menembus beberapa benda melalui percobaan
Afektif
1.
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat
melakukan komunikasi, presentasi, bertanya, dan berpendapat
2.
Dengan terlibat aktif
dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
E.
Materi Pembelajaran
Magnet
(Lihat buku sains kelas V, Penerbit
Erlangga hal. 100 – 113)
Magnet dapat menarik benda-benda
tertentu
F. Metode
Pembelajaran
1.
Model : Pembelajaran kooperatif
2.
Metode : diskusi, pemberian tugas, presentasi
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
(Waktu)
|
Fase
|
Kegiatan Guru
|
Terlaksana/
Tidak
|
Pendahuluan
(10 menit)
|
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
-
Memotivasi siswa : mendemonstrasikan bahwa magnet
dapat menarik benda-benda tertentu
-
Guru bertanya kepada
siswa : Apakah kalian sudah pernah melihat magnet?
-
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
|
Inti (50
menit)
|
Menyajikan
informasi
|
-
Guru menjelaskan tentang pengertian magnet
|
|
|
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
|
-
Membentuk 5 kelompok belajar : anggota kelompok
beragam (dari segi kemampuan, jenis kelamin, dan ras) dan membagikan LKS 2
dan LKS 3.
|
|
|
Membimbing
kelompok
|
Membimbing Kelompok : mengawasi saat kelompok
mengerjakan LKS
Membimbing presentasi : membimbing kelompok terpilih
untuk mempresentasikan kerja kelompoknya
Sambil membimbing kerja kelompok dan presentasi siswa,
guru menilai sikap siswa dengan panduan rubrik penilaian.
Membimbing kelompok menjawab masalah sesuai dengan
simpulan yang telah diperoleh.
Membimbing siswa membuat peta konsep tentang
pengungkit, seperti LKS 4.
|
|
|
Evaluasi
|
Meminta
siswa mengerjakan lembar penilaian 1 dan LP Kinerja 1.
Menentukan kelompok yang memiliki kinerja terbaik
|
|
Penutup
(10 menit)
|
Penghargaan
|
Memberikan penghargaan (misalnya dalam bentuk pujian)
terhadap kelompok yang kinerjanya baik
|
|
|
|
Merangkum
: membantu siswa merangkum hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan (lihat tujuan)
|
|
H. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Penilaian produk : Lembar Penilaian 1.
2.
Penilaian Kinerja : membuat hipotesis, melakukan
penyelidikan, membuat simpulan, dan peta konsep.
3.
Penilaian sosial : melakukan komunikasi dan kerjasama
I. Sumber
Pembelajaran
1. Buku siswa
kelas V Bab 5 Energi dan Perubahannya
2. LKS 1. Membuktikan bahwa magnet dapat menarik benda-benda tertentu
yang mengandung besi/baja
3. Lembar
penilaian 1 : Produk dan proses
4. Lembar
penilaian kinerja 1 : Menyebutkan nama-nama benda yang dapat ditarik oleh
magnet
5. Lembar
penilaian kinerja 2 : menemukan konsep-konsep penting
6. Lembar
penilaian kinerja 3 : Melakukan penyelidikan
7. Lembar
pengamatan keterampilan sosial beserta rubrik penilaian keterampilan sosial
8.
Kebutuhan untuk
masing-masing kelompok sesuai dengan LKS 3.
Mengetahui, Metro, Juni 2011
Kepala
SDN 9 Metro Pusat Guru
Kelas V
Drs. MARSONO ETIKA
RESMIYATI
NIP. 195703071979101004
LEMBAR KEGIATAN SISWA 2
ALAT DAN BAHAN
1.
Magnet batang, 1 buah dan diberi nama tanda a dan b
pada kutub-kutubnya
2.
Tabung reaksi 1 buah
3.
Kubus kayu, 1 bah
4.
sumbat karet, 1 buah
5.
Anak timbangan plastik, 1 buah
6.
Kubus alumunium, 1 buah
7.
Penjepit kertas atau paper clip, 1 buah (sediakan
sendiri)
8.
paku besar, 1 buah (sediakan sendiri)
9.
Paku kecil (sediakan sendiri)
10. mistar
plastik, 1 buah (sediakan sendiri)
11. Benang
halus, secukupnya
KEGIATAN
BELAJAR / PERCOBAAN
Persiapan
Guru
mempersiapkan alat-alat yang diperlukan sebelum kegiatan belajar mengajar
dimulai. Guru mendemonstrasikan percobaan menurut langkah-langkah sebagai
berikut :
Langkah
1
Guru
meletakkan kubus plastik, kubus kayu, sumbat karet, tabung reaksi, kubus
alumunium dan penjepit kerta (paper clip) di atas meja. Kemudian salah satu
kutub magnet didekatkan ke benda secara bergantian.
Siswa disuruh mengamati setiap benda
yang didekatkan magnet. Kemudian
menyuruh siswa menuliskan hasil pengamatannya dengan memberi tanda silang (X)
ada tabel lembar pengamatan nomor satu 1.
Langkah
2
Siswa
ditugaskan untuk menggolong-golongkan hasil pengamatan pada nomor urut 1,
kemjdian menyimpulkannya. Hasil
pengamatan, kesimpulan ditulis pada lembar pengamatan nomor urut 2.
Langkah
3
Guru
meletakkan paku di atas meja, kemudian
mendekatkan kutub A magnet, kutub B
magnet dan bagian tengah magnet ke ujung
paku secara bergantian.
Siswa diperintahkan untuk mengamati
paku ketika ujung paku didekatkan kutub magnet A, kutub magnet B dan bagian
tengah magnet. Hasil pengamatannya ditulis pada tabel lembar pengamatn nomor
urut 3.
Langkah 4
Siswa ditugaskan menelaah dan
menyimpulkan hasil pengamatan pada nomor urut 3. Hasil telaah dan kesimpulan
ditulis pada lembaran pengamatan nomor urut 4.
Langkah 5
Guru meletakkan klip/paku kecil yang
sudah diikat dengan benang dan dibebani dengan pasak besar di atas. Kemudian
dari kejauhan tertentu magnet didekatkan secara perlahan-lahan sehingga paku
tertarik (berubah kedudukannya) seperti gambar 6.
Siswa diminta mengamati paku kecil dan klip. Hasil pengamatannya
dituliskan pada lembar pengamatan nomor urut 5.
Langkah 6
Siswa diminta menelaah dan
menyimpulkan hasil pengamatan pada nomor 5. hasil telaahan dan kesimpulan
ditulis pada Lembar Pengamatan nomor urut 6.
Langkah 7
Guru mengumpulkan lembar pengamatan
yang selesai dikerjakan oleh masing-masing kelompok, kemudian dibahas secara
klasikal.